Usaha Kambing dan Sapi Kurban, Bisnis menggiurkan menjelang Idul Adha

Tiba-tiba saja di beberapa tempat di Jakarta banyak dipenuhi hewan kambing dan sapi. Pinggirpinggir jalan atau di beberapa lahan kosong dimanfaatkan oleh para pedagang musiman untuk berjualan hewan kurban. Tentu ini adalah momen yang sangat pas untuk mengeruk keuntungan dari usaha kambing atau sapi untuk kurban.

Sebentar lagi hari Raya Idul Adha memang akan datang. Kebutuhan akan kambing dan sapipun meningkat. Hal ini bisa dijadikan sebagai peluang usaha, atau ide bisnis bagi mereka yang ingin mendapatkan keuntungan bisnis musiman ini.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menjalankan usaha ini. Yang pertama adalah tentang Produk yang akan dijual. Bagaimana mendapatkan sapi atau kambing untuk dijual kembali di Jakarta? Kita bisa survey di beberapa daerah di sekitar Jakarta, seperti Sukabumi, Garut, Purwakarta, atau bahkan dari daerah Jawa Tengah.

Bisnis ini tentu membutuhkan modal yang cukup lumayan. Kalau kita mau menjual 200 kambing saja, minimal kita harus mempunyai modal Rp. 80.000.000,- (delapan puluh juta Rupiah) dengan asumsi satu kambing seharga Rp. 400.000,- (empat ratus ribu Rupiah). Dan kita bisa menjualnya dengan harga sekitar Rp. 500.000,- sampai Rp. 700.000, tergantung kualitas kambingnya.

Selain itu kita harus mencari tempat untuk menampung hewan itu sampai Idul Adha tiba, juga menyiapkan makanan untuk hewan-hewan tersebut. Kalau perlu kita harus membayar orang untuk memelihara hewan tersebut agar tetap sehat dan layak dijadikan kurban. Tak kalah penting mendapatkan sertifikat dari dinas terkait untuk memastikan bahwa hewanhewan yang dijual bebas dari penyakit dan memenuhi syarat kurban.

Setelah semua siap, lakukan promosi seluas-luasnya agar menarik calon pembeli untuk membeli hewan kurban tersebut, berikan bonus kepada mereka, seperti biaya antar gratis dan sebagainya.

Bagi yang punya modal, kenapa tidak mencoba bisnis musiman ini? Selamat berwirausaha...

0 Komen: