Buka Lapak Kaki Lima. Siapa Takut?

Salah satu permasalahan yang harus di pikirkan dalam memulai usaha dalah masalah tempat. Untuk yang berada di daerah kota kecil, mungkin biaya beli/ sewa tempat usaha masih terjangkau. Tapi untuk di kota besar, apabila ingin berjualan di Mall, ruko, pasar tradisional, maka harus merogoh kantong lebih dalam. Bahkan anggaran yang dibutuhkan untuk menyewa tempat bisa lebih besar dari modal untuk membeli dagangan untuk dijual.

Lalu bagaimana menyiasati mahalnya harga sewa/ beli tempat usaha? Mungkin salah satu solusinya adalah dengan ngelapak baik di pinggir jalan, di emperan toko, di dekat stasiun kereta, di terminal dan lain. lain.

Berikut ini tips memulai usaha bagi Anda yang ingin buka lapak kaki lima.

1. Lakukan survey kecil-kecilan di beberapa tempat yang Anda inginkan. Lihatlah seberapa ramai orang yang lewat di sana, dan kira-kira produk apa yang bisa dijual.

2. Hubungi pemilik lahan, atau orang yang menjaga (penguasa wilayah/ preman) untuk meminta izin berjualan. Jangan langsung jualan, karena bisa jadi akan terjadi keributan di kemudian hari. Biasanya kita diminta membayar untuk bisa jualan di sana, juga diminta biaya bulanan. Anda bisa bertanya ke tukang parkir, tukang ojek yang ada di lokasi tersebut.

3. Persiapkan lapak Anda, sesuai dengan dagangan Anda. MIsalnya bila Anda ingin membuka warung makan, ya siapkan tenda, gerobak, meja kursi, lampu, dan lain-lain. Jangan lupa siapkan spanduk, atau banner yang menarik agar pembeli datang ke tempat Anda.

4. Siapkan barang dagangan Anda dengan sebaik-baiknya. Usahakan kesan pertama adalah kesan yang baik bagi pembeli, sehingga mereka akan datang lagi untuk membeli lagi, atau bahkan mereferensikan temannya untuk membeli di tempat Anda.

5. Semua sudah siap, berangkat ke lapak dengan disertai doa dan harapan semoga usaha yang dimulai bisa berjalan lancar.

6. Usahakan konsisten dalam berjualan. Tentukan waktu buka dan tutup secara disiplin agar tidak mengecewakan pelanggan. Jangan satu minggu buka, lalu satu minggu tutup, sehingga pelanggan lari ke tempat lain.

7. Jangan putus asa. Untuk memulai usaha butuh kesabaran. Mungkin dalam waktu satu atau dua bulan kita belum punya pembeli yang loyal. Tapi dengan kesabaran dan kegigihan, insya Allah usaha kita akan berhasil.

Mudah-mudahan tips-tips di atas bisa menambah pengetahuan bagi yang ingin action buka usaha. Jangan ragu memulai, walau hanya dari yang kecil. Dan terus belajar, cari informasi dan jalin shilaturrahim untuk memperluas jaringan usaha.

Ngelapak? Siapa takut?

1 Komen:

Unknown mengatakan...

Perkenalkan nama saya zull fikar. Dan saya ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH JONOSEUH atas bantuannya selama ini dan saya tidak menyangka kalau saya sudah bisa sukses dan ini semua berkat bantuan MBAH JONOSEUH,selama ini, saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang2 dan alhamdulillah kini sekarang saya sudah punya usaha Restoran sendiri,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH JONOSEUH atas bantuan nomor togel dan dana ghaibnya, dan saya yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jadi jangan ragu-ragu untuk menghubungi MBAH JONOSEUH karna beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendapatkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita atau rekayasa tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH JONOSEUH di 0823 4444 5588 dan ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang ke 2 kalinya terimah kasih..