Krisis Global, PHK, Musibah atau Peluang?

9Bekerja adalah sebuah aktifitas yang sangat mulia. Apapun bentuk pekerjaan kita, selama tidak bertentangan dengan hukum negara dan hukum Agama, maka pekerjaan itu layak dikerjakan. Tapi kadang kita jenuh dan bosan bekerja dalam tekanan orang lain. Sebagai gantinya kita ingin keluar dari pekerjaan kita karena terpikir bahwa kalau bekerja sendiri tentu lebih enak, lebih santai, lebih banyak waktu untuk keluarga.

Akhir-akhir ini dunia diteror dengan krisis ekonomi yang dahsyat. Beberapa perusahaan raksasa ambruk. Ribuan bahkan jutaan karyawan di seluruh dunia terancam dipecat, diPHK, dirumahkan. Dan dampak krisis ini juga berimbas ke Indonesia. Beberapa perusahan telah berencana melakukan PHK massal. Bahkan beberapa sudah merumahkan karyawannya. Lalu bagaimana mereka bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari? Bagaimana mereka memberi makan anak, istri dan keluarganya setelah mereka diPHK?

PHK menjadi teror yang menakutkan bagi ribuan orang. Tapi akankah kita diam? Tentu tidak. Kehidupan terus berjalan. Maka salah satu solusi menghadapi PHK adalah mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia wirausaha. Apalagi bila nanti PHK terjadi dan mereka mendapat pesangon, mengapa tidak dimanfaatkan untuk modal usaha? Tentu usahanya disesuaikan dengan modal yang ada. Tidak perlu memulai dengan yang besar, tapi mulai dari yang kecil.

Wirausaha, tentu bukan hal yang mudah, tapi juga bukan hal yang sulit. Kita bisa melihat di sekitar kita. Begitu banyak peluang yang bisa kita manfaatkan. Tergantung kita mau berusaha atau tidak. Namun dalam keadaan terpaksa, mestinya kita lebih keras berusaha, lebih banyak belajar bagaimana bertahan dan bisa tetap memberi nafkah keluarga. Persiapkan diri untuk PHK, persiapkan diri untuk memulai wirausaha. Mungkin inilah waktu yang tepat untuk memulai, setelah kemarin kita sering mengatakan tidak ada waktu untuk memulai wirausaha.

Selamat menikmati kehidupan bebas Anda setelah lepas dari PHK. Dan isi kemerdekaan Anda dengan hal yang membahagiakan Anda. Selamat berwirausaha.