Merencanakan Bisnis dengan 5 W + 1 H

Perencanaan disini adalah suatu proses mempersiapkan kegiatan-kegiatan bisnis yang akan dilakukan secara sistematis untuk mencapai tujuan bisnis yang telah ditetapkan. Dalam hal ini tujuan bisnis adalah mendapatkan keuntungan yang sesuai.
Perencanaan yang baik akan memandu kita menjalankan usaha secara tepat sesuai dengan apa yang telah digariskan. Untuk itu dalam membuat perencaan harus bisa menjawab pertanyaan berikut yang secara umum dijabarkan sebagai 5 W + 1 H

1. W = WHAT
Pertanyaan pertama yang harus bisa dijabarkan adalah usaha apa yang akan dijalankan .Apakah berupa jasa atau suatu produk. Apabila usaha tersebut berupa jasa maka unsur pelayanan atau services merupakan kata kunci yang harus dipegang, sedangkan apabila bisnis yang akan dijalankan berupa produk maka kualitas barang merupakan kata kuncinya. Dengan mengetahui usaha apa yang akan dilaksanakan maka sudah mulai bisa diperdalam tentang seluk-beluk bidang usaha dimaksud.

2. W = WHY
Pertimbangan atau alasan memilih jenis usaha menjadi penting apabila dikaitkan dengan teori-teori wirausaha lainnya seperti kesenian dengan bakat hobi ataupun ketrampilan dan keahlian dari calon wiraswastawan itu sendiri, karena setiap usaha yang tidak diawali dengan kesesuaian antara pekerjaan dengan pekerja itu sendiri akan memberikan beban berat bagi pekerja. Disamping itu pertimbangan tentang pangsa pasar yang masih terbuka tidak boleh dielallan karena tanpa adanya pangsa pasar yang masih terbuka maka kelangsungan usaha akan terhenti.

3. W = WHERE
Lokasi unit usaha sangat menentukan apabila dikaitkan dengan sarana yang akan dicapai .Tempat yang sesuai/dekat dengan konsumen adalah tepat untuk jenis usaha yang menghasilkan barang/jasa yang langsung bisa dimanfaatkan/dinikmati oleh konsumen, akan tetapi tidak tepat apabila usaha tersebut berupa produksi barang yang masihmemerlukan penanganan lebih lanjut untuk sampai di konsumen.

Dengan demikian usaha seperti fotocopy, warung wartel, toko kelontong,salon adalah jenis usaha yang perlu ditempatkan pada daerah strategis yang dekat dengan konsumen, Adapun usaha seperti, produksi ikan hias, produksi kerupuk, usaha jasa boga tidak membutuhkan tempat yang strategis dekat dengan sekitar konsumen.

4. W = WHEN
Berbicara masalah waktu maka masalah kontinuitas atau kebutuhan yang hanya waktu tertentu menjadi focus penelaahan. Usaha warung, toko kelontong adalah merupakan contoh unit usaha yang keberadaannya diperlukan secara rutin setiap saat adapun usaha seperti foto copy, rias pengatin merupakan jenis usaha yang perlu memperhitungkan waktu-waktu puncak kebutuhan, dengan demikian persiapan akan sarana & prasarana terkait erat dengan ketepatan waktu kebutuhan.

5. W = WHO
Siapa orang yang tepat untuk mengerjakan sesuatu agar hasilnya dapat maksimal sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing. Untuk itu pemilihan dan penempatan personil sesuai bidangnya menjadi perhatian khusus agar diperoleh kinerja yang optimal. The right man in the right place adalah kata kunci keberhasilan.

6. H = HOW
Adalah strategi yang harus dipilih untuk melaksanakan usaha yang sudah ditetapkan tersebut setelah mengkaji secara cermat berbagai strategi yang ada, sperti strategi pemasaran. pengiklanan, penentuan harga dan lain-lain.

0 Komen: